jump to navigation

Bagaimana MEngatasi Stres??? July 20, 2007

Posted by imambahtiar in Info Sehat.
trackback


stress.jpg 

Bagaimana Mengatasi Stres?
20 July  2007

Sebagai seorang ibu yang harus mengurusi anak dan rumah tangga, tentunya banyak sekali hal yang wajib diselesaikan dalam kehidupan sehari-hari. Belum lagi jika Anda juga bekerja di kantor, tentu waktu yang dimiliki sering terasa tak berimbang dengan jumlah pekerjaan. Bermacam tekanan tersebut tentu saja menyebabkan stres. Tapi apa sih sebenarnya penyebab stres?

Stres merupakan hasil dari naluri tubuh untuk membela diri. Naluri ini berguna saat Anda mengalami keadaan darurat, misalnya saat Anda harus menghindari mobil yang ngebut. Namun stres juga dapat menimbulkan gejala fisik jika terlalu lama dipendam dan jika dialami terus-menerus dalam kehidupan sehari-hari atau saat mengalami perubahan besar dalam hidup.

Jika ini terjadi, tubuh Anda akan bekerja lebih dari seharusnya tanpa punya waktu untuk menggantikan energi yang terpakai. Hal ini kemudian dapat menyebabkan Anda merasa cemas, takut, khawatir, dan tegang.

Perubahan Apa yang Dapat Memicu Stres?
Semua perubahan dapat membuat Anda merasa stres, bahkan perubahan positif sekalipun. Yang jadi penyebab bukanlah perubahan yang dialami saja, reaksi Anda dalam menghadapinya juga bisa jadi salah satu faktor pemicu stres. Namun perlu diingat penyebab stres pada tiap orang berbeda. Sebagai contoh, ada orang yang stres saat terlalu banyak bekerja, tapi ada juga yang tidak. 

Hal-hal lain yang kerap menyebabkan stres adalah dipecat dari pekerjaan, anak Anda keluar rumah untuk kuliah di kota lain, pasangan meninggal dunia, perceraian atau pernikahan, sakit yang berkepanjangan, kecelakaan, naik jabatan, masalah finansial, pindah rumah, atau punya bayi.

Beberapa Gejala Stres
•    Cemas
•    Nyeri punggung
•    Buang-buang air atau diare
•    Depresi
•    Letih yang luar biasa
•    Sakit kepala
•    Tekanan darah tinggi
•    Insomnia
•    Napas yang terengah-engah
•    Leher yang kaku
•    Sakit perut
•    Berat badan naik atau turun

Bagaimana Mengatasi Stres?

Sebagai langkah awal, kenalilah gejala saat Anda mengalami stres, misalnya rasa nyeri pada bahu dan leher. Selanjutnya pilihlah cara untuk mengatasi stres. Salah satu jalan adalah menghindari hal yang membuat Anda stres. Namun seringkali hal tersebut tidak mungkin, oleh sebab itu cara yang lebih tepat adalah mengatur reaksi Anda saat mengalami stres.

Selain dua hal di atas, Anda juga dapat mulai melepaskan kekhawatiran pada hal-hal yang tidak dapat Anda kontrol, seperti perubahan cuaca. Kemudian siapkan diri Anda saat menghadapi hal-hal yang kemungkinan besar akan membuat diri Anda stres, lalu biasakan melihat perubahan sebagai tantangan positif, bukan ancaman. Kemudian selalu usahakan untuk menyelesaikan masalah dengan orang lain, buatlah tujuan-tujuan yang realistis dalam pekerjaan di kantor maupun di rumah. Yang tak kalah penting adalah berolahraga teratur, lalu makan makanan yang bergizi seimbang dan tidurlah yang cukup. Meditasi juga dapat membantu agar Anda tak mudah stres.

Sumber: http://www.familydoctor.org

About these ads

Comments»

1. dila bunda hartana - November 4, 2007

saya sudah mencoba berbagai cara untuk menghilangkan stress yang selama ini saya alami namunsemua itu ga berhasil bahkan karna masalah yang saya hadapisekarang ini kadang membuat saya ga ingat ma diri sendiri n terkadang lepas kontrol.ini sangat berdampak sekali terhadap karier saya .saya merasa sangat terbebani .mohon berikansolusi yangbisa saya lakukan untuk masalah ini.makasi

rifan - October 9, 2009

sama saya juga udah berusaha dengan tidak memikirkan sesuatu penyebab stres itu tp selalu tidak bisa,
bagaimana caranya agar pikiran kita fokus terhadap hal yang positif agar tidak terjadi stres itu dan bagaimana melakukan kegiatan agar stres kita hilang??
terima kasih..

2. Nitnot - November 17, 2008

Thanks infone

3. Afkarina - February 24, 2009

Cara menghilangkan Stres itu bisa dilakukan oleh diri sendiri yaitu dengan selalu mendekatkan diri pada Allah, Istigfar yang banyak dan sholawat yang banyak jangan sampai pikiran dan hatinya kosong, cobalah mengerjakan sholat malam agar mendapat petunjuk dari Allah.

4. Eksha Aditya - May 31, 2009

banyak Berdzikir ..Shalat. that’s all

5. kurniawati - June 17, 2009

saya sering berpikir dalam sampai membuat saya stres kecil. padahal itu hanya karna masalah sepele. bagaimana agar saya tidak lagi berpikir terlelu amat sangat? makasih.

6. antoni - August 18, 2009

saya mengalami stres sudah 7 tahun. yg saya rasakan cemas,kawatir,tidak sabar,nyeri lambung,gampang emosi,dan sesak napas. sudah saya coba dengan mendekatkan diri kepada YME. tapi masih saja ada perasaan semua itu.rasanya lelah sekali dengan hidup ini yg terus dengan perasaan ini. mohon solusinya,terima kasih.

7. Indah - September 23, 2009

Lalu bgm saat mekanisme ini tdk dpt kt kuasai saat stres mlai mendera, rsax tkt, krgt dgin, skt lmbung pusing bngung mau brbuat apa.

8. IRMA - October 11, 2009

MENURUT SAYA ANDA SEHARSNYA MENCARI KESIBUKAN SENDIRI,,,AGAR ANDA TIDAK TERLALU TERBEBANI DENGAN MASALAH YANG ANDA HADAPI,,ANDA HARUS TETAP SSEMANGAT DAN TIDAK BOLEH MENYERAH BEGITU SAJA,,PADA DASARNYA SEMUA MASALAH PASTI ADA JALAN KELUARNYA…

9. albert - November 2, 2009

kalo gw tiap x mengalami stres selalu berujung pada kekerasan .sebagai contoh jika stres itu karena ulah seseorrang biasanya saya bersikap negatif saya secara otomatis membenci secara berlarut2 walaupun saya tau itu hal yang sangat merugikan buat saya sendiri atau kadang kala saya melampiaskan kesal yg berdampak pada stres dengan memukul benda mati dengan sekuatnya…dan setelah itu saya akan bersikap sangat tertutup dan sensitif dan akhirnya suka menyendiri dan menjadi sangat pendiam sampai masalah bener2 kelar………..
kalo hal semacam itu apapun penangkalnya dan trik yang digunakan akan selalu sia2 bhkan menmbah sesak didada..kalo kasus seperti itu bagaimana solusinya ya..aku khawatir untuk masalah yang lebih besar yang akan saya hadapi nanti membuat aku sangat terpuruk kearah yang lebih EXTREEM..gimana ni..??

10. ahmad - February 15, 2010

mba.. dila, barangkali menurutku untuk menurunkan streess adalah berolah raga, makan makanan yang bergizi, dan berpikir positip… dan tetap santai… dan jangan terlalu memaksakan apa yang kita sendiri kurang bisa untuk di lakukan. cari tempat2 yang mebuat senang atau gembira,nonton film lucu. atau vidio yang membuat kita ketawa.
dan cobalah untuk tersenyum bagaimanapun kondisi mba,. kareneadengan senyum,bisa merubah suasana. coba aja…

11. private seminyak villas - October 8, 2010

thanks infonya ya
ini sngat” berharga bagi saya nih
udah lama bgt cari” nie

12. imambahtiar - October 11, 2010

jangan lupa juga mba mba dan mas mas diatas selain dengan cara diatas ialah mendekatkan diri pada tuhan …dan tetep berdoa mintalah padanya permudahkan lah segala urusan yg membuat stress…

13. tini - October 13, 2010

aku tipe orang yang pemikir banget, bila lg da kerjaan atu tugas2 kul yang terlalu berat menurut ku terkadang stres membuatn ku migren, badan sakit smua yang ada nangis ja….

imambahtiar - October 13, 2010

selesaikan tugas tugas yg ringan dahulu ..jangan terlalu banyak memikirkan yang lain …fokus pada satu tugas janagn terbagi memikirkan tugas tugas yg lainnya :) selalu hadapi dengan lapang dada :)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: