jump to navigation

Zaenal Arif Masih Bungkam July 20, 2007

Posted by imambahtiar in PERSIB BANDUNG.
trackback

logo1.jpg

Zaenal Arif Masih Bungkam

Soal Penyebab Dirinya Lakukan Tindakan Indisipliner

BANDUNG
Setelah sempat sulit dihubungi dan tidak diketahui keberadaannya, Zaenal Arif akhirnya muncul dan memberikan keterangan pers di Wisma Dharma Bhakti Jln. Bali Bandung, Kamis (19/7). Namun, Arif tetap bungkam mengenai sebab musabab dirinya terlambat masuk hotel Senin (16/7) malam yang berbuntut pencoretan dirinya dari timnas.

“Yang jelas saya akui kalau saya salah karena telat pulang, tapi saya tidak bisa jelaskan kenapa saya bisa sampai telat. Yang tahu hanya saya dan keluarga dan itu bukan untuk konsumsi publik,” ujar Arif.

Dikatakan Arif, keterlambatannya pulang ke kamar tidak ada hubungannya dengan tidak diturunkannya dia di pertandingan melawan Arab Saudi. Tanpa menjelaskan lebih lanjut, Arif menyatakan bahwa itu adalah urusan pribadinya.

“Ini bukan soal main, yang jelas saya terlambat dan saya kelewat batas. Saya terima keputusan pelatih karena itu adalah konsekuensi dari apa yang telah saya lakukan. Saya akan bertanggung jawab,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Arif juga menyampaikan permohonan maafnya kepada semua pecinta bola di tanah air yang telah kecewa dengan dirinya. Arif pun mengaku sangat menyesal dengan apa yang telah dilakukannya meski keputusan sudah telanjur dibuat.

“Waktu kejadian saya berada dalam keadaan yang tidak stabil. Kaweur kata orang Sunda mah. Tapi saya coba untuk tegar dan saya sangat menghargai keputusan pelatih, mungkin itu yang terbaik,” tuturnya.

Pertama kali mendengar keputusan pencoretan, Arif mengaku shock dan sangat kaget, sebab dia merasa kesalahannya wajar dan tidak menyangka bahwa sanksinya akan seberat itu. “Saya kira akan didenda. Saya juga kaget makanya selama dua hari ini saya mencoba untuk menenangkan diri. Bukan maksud saya menghindari teman-teman, tapi pikiran saya belum stabil,” katanya.

Disinggung mengenai skorsing yang akan dikeluarkan PSSI, Arif enggan berkomentar banyak, namun Arif mengaku siap menerima sanksi apa pun. “Saya belum berpikir apa yang akan saya lakukan jika PSSI menskors saya. Yang jelas sepak bola adalah hidup saya,” katanya.

Arif juga mengharapkan Persib Bandung sebagai klub yang dihuninya mau membantunya mengatasi masalah ini. Terutama agar kariernya di sepak bola bisa terus berlanjut. “Saya pribadi ingin secepatnya kembali latihan bersama teman-teman di Persib. Life must go on,” ungkapnya.

Belum tentukan sanksi

Sementara itu Manajer Persib, Yossi Irianto mengatakan bahwa hingga saat ini dirinya belum menentukan sikap terhadap Zaenal Arif. Yang jelas Yossi mengharapkan bahwa PSSI akan meninjau ulang keputusan mereka agar sanksi yang akan dijatuhkan tidak berdampak kepada klub Persib.

“Kemarin sudah sampaikan permohonan maaf secara resmi atas nama klub, dan tadi saya sudah bicara lagi dengan manajer timnas. Saya ajukan dua poin pembelaan. Yang pertama Arif tidur di hotel pada Senin malam dan jam 2 sudah ada di hotel. Kedua dia sedang kalut sehingga tidak melakukan komunikasi. Ini sebagai tambahan data dan mudah-mudahan bisa menjadi poin untuk Arif,” ujarnya.

Sementara Pelatih Persib Arcan Iurie mengatakan, dirinya masih belum berani mengikutsertakan Arif pada latihan Persib. Sebab dirinya tidak ingin bermasalah dengan PSSI. “Saya minta PSSI cepat kasih keputusan. Kalau seperti ini saya pusing, Persib akan kehilangan dua pemain berkualitas di putaran dua nanti. Saya tidak berani ajak dia latihan, mungkin hanya latihan individual saja dan saya kasih dia programnya,” katanya.

Iurie juga menyayangkan sikap Ivan Kolev yang langsung melakukan pencoretan yang berbuntut skorsing. “Kenapa tidak dikembalikan dari dulu. Persib sudah kasih maksimal buat timnas, dia minta pemain saya kasih, tapi jadinya seperti ini. Dua-duanya jadi tidak bisa main di putaran dua,” ungkapnya.  [A-157]

Comments»

1. zilvia - January 17, 2008

aduh kang abo ini teh yah???saya tuh zilvi lopelope ka akang garut ini teh…he2xx kela-kela bln ASS ini teh,,Ass kang ze2x bleh yah manggil ze2??nama aemail aku pake nama ze2 gpp yah?


Leave a Reply

